Santoso Hami Joyo

Menyorot Pendidikan Riau Setiap Saat dan Mencerdaskan Anak Negeri Dengan Saling Berbagi Ilmu Melalui www.mahasiswariau1.blogspot.com . "Bersama Kita Cerdas Dan Pasti Bisa"

Breaking News

Rabu, 08 Oktober 2014

Lively Dunia Virtual Google

Dunia sepertinya semakin kecil untuk google, sehingga mereka menciptakan dunia baru yang disebut Lively ( www.lively.com ). Dunia virtual ini memungkinkan penggunanya membuat avatar, merancang ruangan dan melakukan hal-hal lain yang biasanya dilakukan didunia nyata.



Konsep lively sebenarnya mirip dengan Second Life, dunia virtual buatan Linden Research. Namun jika Second Life mengenakan biaya sebesar US$9,95 perbulan untuk memainkannya, di Lively kita tidak harus bayar apa-apa. Selain itu Lively juga kompatibel dengan layanan lain dari google, sehingga kita bisa memasang video dari youtube atau foto dari picassa di dunia virtual tersebut.

Untuk memainkan Lively kita cukup mendownload add on browser, tanpa perlu menginstal aplikasi khusus seperti Second Life. Awalnya kita diharuskan membuat avatar berbekal koleksi wajah, postur dan aksesoris yang lumayan banyak. Kemudian kita bisa masuk ke ruangan atau room yang tersedia untuk bisa saling berinteraksi dengan pengguna lively lainnya. Kita juga bisa membuat ruangan sendiri sesuai selera, yang pengunjungnya bisa terbuka untuk umum atau hanya kalangan terbatas.

Belum jelas bagaimana google akan mendapatkan pemasukan dari layanan gratis ini. menurut Niniane Wang, orang yang bertanggung jawab terhadap Lively, layanan ini lebih untuk mendorong dunia virtual ke segmen yang lebih luas. "Tujuan utama kami adalah Lively akan menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari" ungkap Wang. Hasilnya memang cukup menjanjikan, karena data dari lembaga penganalisa Alexa menunjukan terjadinya lonjakan pengunjung Lively sejak diluncurkannya virtual gratis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sobat tidak punya ID komentar dibawah ini, silahkan pilih Anonymous untuk memberikan komentar ataupun sarannya...

Di Desain Oleh Santoso Hami Joyo