Santoso Hami Joyo

Menyorot Pendidikan Riau Setiap Saat dan Mencerdaskan Anak Negeri Dengan Saling Berbagi Ilmu Melalui www.mahasiswariau1.blogspot.com . "Bersama Kita Cerdas Dan Pasti Bisa"

Breaking News

Minggu, 01 Februari 2015

8 Penyebab Rambut Wanita Rontok

Rambut merupakan mahkota bagi manusia dan perhiasan yang sangat berharga bagi kaum hawa (wanita). Rambut yang tidak sehat apalagi mudah rontok tentunya akan mengurangi rasa percaya diri pada wanita. Berbagai cara telah dilakukan oleh perempuan-perempuan dunia untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa dari mereka ada yang telah berhasil mengatasi hal tersebut dan ada pula yang masih mencari solusinya. 


Ada pepatah mengatakan "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati". Inilah hal terpenting dalam mengatasi masalah kerontokan rambut pada wanita. Alangkah lebih baik kita mengetahui hal apa saja yang menyebabkan kerontokan rambut pada wanita sebelum mencoba berbagai obatan ataupun ramuan. Inilah 8 penyebab kerontokan pada rambut wanita :

1. Kurang gizi 
Ini menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita. Salah satu gejala kekurangan Vitamin D adalah rambut rontok. Kurangnya paparan sinar matahari menjadi alasan kekurangan Vitamin D. Kekurangan Asam Amino Lisin, tembaga, dan seng juga menyebabkan rambut rontok.

2. Hormon tak seimbang 
Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu alasan rambut rontok. Hormon wanita menurun dan kehilangan keseimbangan dari usia 30 tahun. Ini bisa diperbaiki dengan pengawasan medis.
3. Masalah Tiroid 
Tiroid adalah kelenjar di depan leher. Jika kelenjar memproduksi terlalu banyak atau kurang cukup hormon tirodi, siklus  pertumbuhan rambut jadi bisa berubah. Jika Anda memiliki masalah tiroid maka Anda bakal mengalami kerontokan rambut.
4. PCOS 
Ini adalah salah satu penyebab rambut rontok. Wanita dengan sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) memiliki ketidakseimbangan hormon yang menciptakan kadar androgen yang lebih tinggi dari biasanya. Ini yang sering menyebabkan rambut tumbuh di wajah dan tubuh, sementara rambut di kepala tipis.
5. Hamil 
Saat hamil, Anda mungkin menemukan rambut menjadi tebal karena kadar hormon yang menjaga rambut tak jatuh. Namun, setelah bayi lahir, rambut bisa rontok karena hormon kembali normal. Ini terkadang bisa mengkhawatirkan. Namun, rambut harus kembali normal dalam waktu satu sampai dua tahun.

6. Pil KB 
Salah satu efek samping pil adalah rambut rontok. Hormon dalam pil yang menekan ovulasi bisa menyebabkan rambut menipis dan rontok. Kadang-kadang rambut rontok bisa terjadi ketika Anda berhenti minum pil. Obat lain yang berhubungan dengan rambut rontok adalah pengencer darah dan obat yang mengobati tekanan darah tinggi, penyakit jantung, arthritis, dan depresi.

7. Stres ekstrem 
Stres bisa menyebabkan rambut rontok tiba-tiba. Karena itu Anda penting untuk bersantai demi kesehatan rambut dan tubuh. Meminimalkan stres akan mengurangi kesempatan rambut rontok. Anda dapat mencoba apapun yang membantu Anda untuk bersantai, seperti teknik meditasi, mandi aromaterapi, atau mencari bantuan profesional.

8. Produk kimia 
Produk rambut berbahan kimia jangan sampai berlebihan karena bisa merusak rambut dan akarnya. Ada sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tak mengandung racun. Terlalu sering menggunakan produk kimia di rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Ini bisa ditemukan pada pewarna rambut dan produk styling.

Nah, setelah mengetahui penyebab kerontokan rambut pada wanita yang telah disampaikan diatas,  mari cega kerontokan rambut dengan mengurangi aktivitas-aktivitas dari penyebab tersebut. Hal yang terpenting lagi adalah ikuti saran dokter.


================

1 komentar:

  1. postingan anda telah menambah wawasan saya. terima kasih

    BalasHapus

Jika sobat tidak punya ID komentar dibawah ini, silahkan pilih Anonymous untuk memberikan komentar ataupun sarannya...

Di Desain Oleh Santoso Hami Joyo