Santoso Hami Joyo

Menyorot Pendidikan Riau Setiap Saat dan Mencerdaskan Anak Negeri Dengan Saling Berbagi Ilmu Melalui www.mahasiswariau1.blogspot.com . "Bersama Kita Cerdas Dan Pasti Bisa"

Breaking News

Minggu, 21 Desember 2014

Teuku Umar Pejuang Asal Aceh

Teuku umar adalah pejuang yang sangat ditakuti Belanda. Teuku umar dilahirkan di Meulaboh tahun 1854. Beliau terkenal karena keberanian  dan kehebatan taktik perangnya, yaitu taktik perang gerilya. Taktik ini membuat Belanda kewalahan. Akhirnya, Gubernur Jendral Aceh berpura-pura mengajak damai. Maksudnya, untuk menundukan Teuku umar. Tawaran ini diterima oleh Teuku umar. Akan tetapi, ia hanya berpura-pura berdamai dengan Belanda. Dengan siasat ini, ia akan mendapatkan senjata modern  yang dapat digunakan untuk melanjutkan perjuangan.



Teuku umar lalu diangkat menjadi panglima perang. Ia dan pasukannya dipersenjatai lengkap untuk mengamankan Aceh. Teuku umar seolah-olah memerangi laskar yang menindas rakyat Aceh. Padahal, laskar yang berjuang untuk kepentingan rakyat Aceh hanya pura-pura diperanginya. Belanda tak menyadari siasat itu, Mereka tetap percaya bahwa Teuku umar berhasil  mengamankan seluruh Aceh. Oleh karena itu, Belanda terus menambah senjata dan perlengkapan perang lainnya.

Pada tanggal 18 Maret 1896, Teuku umar beserta pasukannya berbalik menggempur  pasukan Belanda. Belanda tidak menyangka Teuku umar akan berbalik menyerang mereka. Teuku umar berhasil membawa 800 pucuk senjata, 25.000 butir peluru, uang sebanyak 18.000 gulden dan peralatan lainnya. Dalam pertempuran itu banyak tentara Belanda yang tewas. Hal itu membuat panglima tentara Belanda, yaitu Jendral Van Heutz mengerahkan tentara dengan kekuatan besar untuk menangkap Teuku umar.


Pada tanggal 11 Maret 1899, terjadi pertempuran di Meulaboh. Teuku umar pun gugur. Beliau dimakamkan di desa Mugo, pedalaman Meulaboh. Teuku umar telah gugur sebagai kusuma bangsa. Akan tetapi, semangat perjuangannya tetap hidup dan harus kita teruskan sebagai anak bangsa dan pewaris kemerdekaan.




*******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sobat tidak punya ID komentar dibawah ini, silahkan pilih Anonymous untuk memberikan komentar ataupun sarannya...

Di Desain Oleh Santoso Hami Joyo